Friday 13 May 2016

Strategi Pencegahan Kejahatan dengan CSR dalam Comdev (Part 2)

Cara meningkatkan kesadaran tersebut adalah dengan menggunakan pendekatan CSR dalam bentuk aktualisasi Comdev (Community Development). Comdev atau bahasa Indonesianya adalah Pengembangan Masyarakat merupakan program perusahaan untuk membangun kembali masyarakat sebagai tempat pengalaman penting manusia dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari, serta membangun kembali struktur komunitas masyarakat yang ada untuk lebih baik lagi. (Dalam Buku “Efek Kedermawanan Pebisnis dan CSR” Halaman 52).

Penggunaan Comdev ini merupakan tujuan perusahaan agar masyarakat sekitar perusahaan dapat meningkat kesadaran atau kepeduliannya terhadap perusahaan itu sendiri. Karena masyarakat sekitar adalah stakeholder (pemangku kepentingan) yang sangat strategis untuk mendukung eksisnya perusahaan. Motif lainnya dari Comdev adalah membuat masyarakat peserta comdev terbantu secara ekonomi, sosial, dan aspek lainnya secara mandiri dan dapat menyejahterakan hidupnya sendiri, bukan malah menimbulkan sifat meminta kepada perusahaan atau instansi yang ada.

Selain karena Comdev merupakan salah satu metode CSR yang sangat memberdayakan masyarakat, perusahaan atau instansi pasti terbantu dan malah mendukung perusahaan/instansi oleh masyarakat sekitar untuk selalu eksis dan bahkan didoakan untuk selalu sukses.

Penulis mengambil contoh dari PT Sumber Alfaria Trijaya yang Comdev nya adalah OBA (Outlet Binaan Alfamart) dalam pemberdayaan pengusahan kecil. Alfamart mengembangkan pengusaha kecil mulai dari memasok barang dengan harga murah (margin rendah), mengajari pengusaha kecil tentang strategi manajemen ritel modern (penyusunan barang, penyusunan gudang, penentuan harga, metode FIFO (First in first out) / FEFO (First Expired First Out), bahkan membantu menentukan layout yang cocok untuk warung / dagangan kelontong sampai laporan keuangan member OBA tersebut.




Melalui Comdev Alfamart dalam bentuk OBA, Alfamart telah turut berpartisipasi dalam pengembangan kehidupan masyarakat itu sendiri dan mengubah perilaku masyarakat dengan tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Apa yang Alfamart dapatkan dari OBA yang berada disekitar Toko Alfamart adalah pencegahan kejahatan melalui komunitas merupakan timbal balik dari Comdev. Dari penelitian kecil yang dilakukan penulis tentang pencegahan kejahatan berbasis komunitas melalui Comdev, penulis mendapatkan data pada bulan September 2015 telah terjadi hampir 30 kasus pencurian kemudian penulis mengambil sampel acak dari kasus pencurian sebanyak 20 persen atau 6 kasus. Hasilnya dari 20 persen atau 6 kasus tersebut disekitarnya tidak terdapat toko OBA satupun.

Jika berdasarkan penelitian kecil yang dilakukan penulis, menjelaskan bahwa OBA sangat berpengaruh terhadap pencegahan kejahatan. Dari 6 kasus pencurian dan disekitar toko tidak terdapat OBA, maka aware masyarakat untuk pencegahan kejahatan berbasis komunitas masih kurang. Namun penulis belum menemukan terdapat toko yang mengalami pencurian jika disekitar toko tersebut terdapat OBA.

Kesimpulannya :
Pencegahan kejahatan dapat dicegah melalui basis komunitas. Masyarakat sekitar merupakan pemangku kepentingan yang strategis dan dapat mempengaruhi kejahatan disekitar perusahaan. Terbukti dari penelitian kecil penulis bahwa dari 6 toko yang mengalami pencurian disekitarnya memang tidak ada Comdev Alfamart yaitu OBA. Sedangkan tidak ditemukan pencurian pada toko Alfamart jika disekitar toko terdapat OBA.



KEN

No comments:

Post a Comment