Sunday 10 December 2017

Tips dan Peralatan Snorkeling atau Snorkel

Halo halo halo semuaaaaa.

Whatsapp gaaaaayyyssssss....

Lebih dari setahun gak update, saat nya update tentang pengalaman liburan saya. My Holiday.

Uhuuuy.

Gw bakal ngasih tips dan gw jabarin disini adalah bagaimana cara snorkeling atau snorkel. Berikut peralatannya biar hitz n gaul (keliatan banget kan dari jaman mana kalo ada slogan piz lov n gaul)

Jadi ceritanya disini gw pertama kali snorkeling itu di kepulauan seribu, pulau prabu. Kabupaten Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta. Itu pertama kali nya gw nyobain yang nama nya snorkel. Bakal gw bahas di blog terpisah ya tahapan gw liburan nya. Tulisan ini fokus ke Tips dan peralatan aja.

Kalau snorkeling kedua itu di pahawang. Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Itu yang kedua dan ketiga. Masi bisa diitung jari sih berapa banyak gw snorkling. Tapi kok udah ngasih tips?
Maka dari itu gw pengen berbagi buat lw semua. Kalo emang lw semua ada tambahan atau masukan ya monggo kita berdiskusi biar makin pinter euy. Hehe.

Pertama adalah Peralatannya dulu. Baru deh yang kedua adalah Tips nya. Walaupun judulnya kebalik. Tapi yaah content nya ga berubah kok. Hehe.

Oke. Letz see..


What is the equipment / requirement for snorkeling.

   1. yang pertama adalah snorkel itu sendiri. Hmmmm. Ya tau tong gw. Iya bener snorkel. Tanpa itu bukan snorkeling nama nya. Hahahaha. Itu adalah peralatan pertamanya. Bisa sewa, bisa beli. Tapi kalo sewa ya resiko nya itu adalah alat yang sudah dipake sama beberapa olang sebelum eloo. Itu kan digigit yaa. Resiko nya ya elo udah gigit punya yang udah digigit orang. Huhu.
Kalo beli resiko nya apa pak bos. Kalo beli ya resiko nya siap-siap aja itu barang gak di pake setiap minggu.
Kalo dipake tiap minggu bearti lw tiap jalan kemana mana pake itu doong. 

gimana bentuknya sih kok bisa di gigit. Yak digambar itu dia peralatannya. Tangkainya itu loh yang digigit. Yang banyak disewakan oleh tour n travel ya jenis snorkel yang seperti itu. Walaupun pasti nya dibersihkan oleh tour n travel, tapi ya...... Gitu deh.

Yak ini dia peralatannya. Kenapa di gigit. Ya tangkai
nya itu loh yang digigit. Karena itu yang banyak disewakan
oleh para penyedia jasa pelayanan tour n travel.
Siap siap aja gigit punya orang.

Atau mau coba yang full face kayak di gambar kedua ini. Jujur aja gw gak pernah pake yang full face. karena gw parno duluan yang nutupin muka itu. Bayangin aja klo kemasupan aer. Panikan gw. Hahaha. Tapi ya tergantung lw pada kok. Gw ga pernah liat tour n travel menyewakan snorkel full face.











Ini adalah snorkel full face. Jujur ya ga pernah pake ini gw
karena udah parno duluan pas liatnya. Nutupin seluruh muka
gitu bro. Gw takut kalo kemasupan aer aja.


Kalo pake snorkel gambar pertama lw bisa nyelem hanya dengan gak gigit selang nya itu. Karena klo lw nyelem masih gigit itu pasti otomatis aernya masup kedalem.

Nah kalo lw pake yang full face pas nyelem ntar gimana ya caranya (terbuka untuk masukan gw). 

Emang sih yang nama nya snorkel itu selam permukaan dan bukan buat nyelam dalam. Tapi tujuan tulisan gw itu adalah berdasarkan pengalaman di lapangan. Dan so pasti banyak klo udah di laut sekalian pengen nyelam dikit dikit buat poto under water. Ehehehe. Itu bakal susah klo pake fullface. Tapi ya tergantung lw pada. 


   2. Berikutnya adalah FIN. Apa tuh fin. Yang jelas bukan sirip sekedar sirip ya. Banyak juga yang nyebut kaki katak. Wok wok. Gimana bentuknya. tuh

Ini adalah fin untuk snorkel. Sama kaya fin buat diving,
gw sih kalo cuma snorkeling jarang pake fin. Tapi sepaket
ini disewaka sama jasa tour n travel ya kok.

Fin diatas adalah fin yang sepaket disewakan sama jasa tour n travelnya. Jadi klo udah dapet snorkel bakal dapat fin juga. Tapi ya gw jarang pake ini Fin. Karena klo cuma selam permukaan kayanya gerakan gw lebih susah deh sama fin ini. Kecuali buat diving mungkin beda cerita ya. 
Gw jarang pake fin kalopun emang disewakan ya gw tinggal di kapal.Entar faktor ga bisa juga yaa. Hahahaha.

Cuma klo lw pada mau pake ya bisa. Bebas sih, terserah gitu.



   3. Peralatanya lainnya adalah Life jacket. Hah Life jacket. Buat apa tuh. Ya buat keamanan dong bos. Kalo ga bisa berenang gimana. Kan takut tuh buat terjun kelautnnya. Hehe.
Walaupun sebenernya air laut itu buat lw ngapung tapi tetap pasti aja ada yang gak berani nyemplung klo ga pake life jacket.

Gambar life jacket sama kayak gambar lainnya bos. 
Ini yang biasa disewakan dan tersedia buat banyak ukuran, gak usah khawatir buat yang badannya gede kayak gw. 
Life jacket standart yang pastinya disewakan juga
buat yang udah ambil di paketan tour n travel

Ini kayanya juga udah sop keselamatannya. Karena bahaya juga loh kalo ombak lagi gede gedenya tapi gak ada life jacket.












Yak hanya tiga peralatan itu yang inti biasanya digunakan untuk snorkeling. Dikit kan. Kalo udah bisa berenang hanya butuk snorkel aja dong beli sendiri. Paling berapa gitu. Murah ada 100k. Mahal sih jutaan. Tapi yang biasa merk speedo gitu (bukan promosi) harga 350k.

Dibawah ini gw kali peralatan additional. Butuh gak butuh sih.

4. Kamera underwater yang bagus.
5. Kamera DSLR upperwater (kamera standart untuk foto dari atas kapal)
6. Waterproof case buat Hape 

Nih gambarnya buat yang gak tau
7. Sunglasses atau kacamata sinar matahari. 
8. Sun Block
9. Topi
10. Yah namanya additional berarti sesuai kebutuhan lw lw pada aja yanng mau jalan. Anggep aja ke pantai tapi sama berenang dilaut dalam. Gitu dah.







Yak itu dia peralatan yang dibutuhkan kalo lw mau snorkeling. Yang penting sih 1 sampai 3 dan sisa nya additional sesuai kebutuhan. Nah tergantung nih kebutuhan lw se simple aja. Bawa yang simple aja. Karena pasti bakal ribet klo bnyak bawaan. Tapi klo ga bawa apa apa ga keren dong pas di foto.

Ya kali jaman gini gak poto poto men. Bahahhaha.


Annnnddddddddd........

The tips for snorkeling is......

1. Jangan lupa pemanasan. Baru inget pas ngetik nomor 5.

1. Lw harus santaii n rileks. Harus enjoy. Diinget ini adalah alaam ya. Bukan rumah. Kecuali rumah lw di alam terbuka. Jangan beban, jangan pikirin kerjaan, peer, tugas, skripsi, atau yang membebankan pikiran. Karena ini adalah liburan. Ya kali lw lagi snorkeling di laut sambil nelpon co-worker ngomong kerjaan atau lagi nyelam kecil gitu malah keinget dosen belum bimbingan.
Hahahaha. Pokoknya harus santai n rileks. OKE

2. Ada instruktur nya atau enngga harus diinget omongannya. Jangan dilanggar. Karena mereka yang bertanggung jawab sama lw pada. So perhatiin kata kata instruktur atau kapten kapalnya.

3. Selalu bawa duit cash. Lw snorkeling di tour n travel kan. Pasti ada tempat tempat jajannya loh. Atau ga lw bisa kasih tips buat instruktur atau kapten kapalnya. Karena mereka bisa ngasih sarah tempat makan yang bagus dimana. Tempat snorkel yang indah dimana.

4. Kalo lw baru pertama. Dan gak bisa berenang. Pastiin lw pake Life jacket. Kalo udah pake lw bisa langsung nyebur aja. Beneran. Lompat aja. Gak usah takut. Gak tenggelam. Karena air laut itu bergaram dan tidak membuat orang tenggelam.

5. Jangan lupa pemanasan of course, harusnya ini diatas sih. Karena gerakan lw di tangan n kaki pasti buat pegel. So, pelemasan itu penting. Lemesin say, lemesiiin.




Yah itu aja sih sebenernya. Karena snorkeling itu simple. Yang penting fun, jangan lupa bahagia aja. Hehe

CIAAAOOOO

Yang mau ngasih tips atau tambahan saran boleh. Ntar gw update blog nya

Enjoy my documentation 

Disclaimer  :
-Foto ambil di google pastinya. Dimana aja. Karena itu barang umum.
-Ini menurut pengalaman pribadi gw. Dan gw hanya sharing. Pastikan lw dapat pengawasan orang yang tepat. Karena gw pasti ga disana ketika lw snorkeling. Ya iyalah. Hahaha

Nih. Dari atas kapal.

Ini dari dalam. gw pake kacamata renang biar gampang nyelem.
Yakali ga nyelem

Ini pake snorkle ga nyelem kan. Karena masih digigit batangnya.
Kalo nyelem jangan gigit batangnya ya

Poto di pahawangnya.




1 comment: