Sunday 28 September 2014

About MT Alfamart (Management Trainee Alfamart)

Ane mau sedikit share nih. Share nya sedikit doang. Gak sampe berhalaman halaman. Apalagi bersambung sampe part-part yang banyak.

Ini cerita ane tentang ngikutin test MT alfamart, sampe dengan selesai.

Pertanyaan nya adalah, apa itu MT?
Kenapa harus MT?

MT itu a.k.a Management Trainee sangat populer (atau mungkin bwt gw aja ya yang populer) dikalangan Fresh Graduate. Fresh banget brooo, kayak sayur lagi dipetik. MT itu adalah program akselerasi. Dimana kita dilatih buat jadi pemimpin masa depan perusahaan yang kita daftar MT nya.
Perusahaan nya dapat berupa BUMN atau pun BUMS. 
Beberapa MT BUMN adalah PPS BRI, ODP Mandiri, MT GIA, dll. (Btw pada tau kepanjangan semua kan).
PPS nya BRI adalah Program Pengembangan Staff Bank Rakyat Indonesia. Kenapa namanya gak MT? Yah karena setiap perusahaan punya cara rekrutment yang beda-beda, dan setiap perusahaan pun terdapat urutan test yang beda. Jadiii, inti dari MT adalah pelatihan untuk calon karyawan yang akan menjalani pelatihan selama beberapa bulan, atau bahkan beberapa tahun. Untuk dijadikan pemimpin masa depan. *Itu yang gw tangkep berdasarkan yang gw ikutin.
MT BUMS adalah, MT Frisian Flag, MT Astra, MT Danone, MT Alfamart, dll.

Dan kenapa harus MT. Ini. Penting. Banget. Bro
SEMUA JURUSAN. a.k.a ALL MAJOR.
Hampir semua MT dibuka untuk semua jurusan. Bahkaaaan, untuk perusahaan-perusahaan besar, mereka membuat MT terstruktur. MT terstruktur itu dibuat sesuai dengan jurusan nya. 
Bener. Mirip daftar kuliah emang.
Pada MT ini buatlah berbagai macam MT. Tergantung kita ingin MT yang mana.
Contoh kayak GIA (Garuda Indonesia Airlines), ngebuka MT buat Commercial dan MT buat Engineering. Dalam contoh ini GIA ngebuka MT yang dimana para lulusan rumpun Science hanya bisa mengambil MT Engineering, dan para lulusan rumpun Social hanya bisa mengambil rumpun MT Commercial.
(Itu contoh kecil ya sob)
Kalau yang lain kayak MT Danone sih buka tepat 12 MT. Sampe gw nulis ini juga 12 MT yang berbeda, dan setiap MT terdapat jurusan yang dibutuhkan.
Gak percaya sob? Check this one out MT Danone


Bact to Topic.
Gw sih ngikutin 5 program MT (baik itu BUMN atau BUMS)
MT Alfamart, MT Frisian Flag, PPS BRI, MT Astra, MT GIA.
Alhamdulillah gw lolos MT Alfamart dan yang ngewakilin Jabodetabek cuman 4 sob.
Karena kita gak ngomongin Gaji, Benefit, n Tahapan Pelatihan tiap MT yang gw ikutin. Gw langsung aja share tahapan seleksi MT nya.

Buat lw pada yang pengen gabung jadi MT alfamart.
Lw biasanya bisa daftar langsung ketika ada JobFair yang diikutin oleh Alfamart. Daftar langsung MT Alfamart di Jobstreet. Atau kirim berkas langsung dan bisa juga datengin kantor pusat Alfamart langsung buat daftar.
(Kantor ya bro. bukan TOKO). BTW Alfamart bakal gw ganti jadi PT. SAT (Sumber Alfaria Trijaya) karena penempatan MT ini bukan cuman di Alfamart, tapi juga bisa di Alfamidi atau Lawson yang masih dibawah PT SAT.

Okeeee, karena gw daftar lewat JobStreetFair. Gw langsung aja regist di Booth Alfamart, dan di kasih kertas kecil yang nunjukin waktu dan tempat Psikotest. Tapi sebelum gw di kasih kertas kecil itu, formulir regist kita di nilai sama mas-masnya. Dibaca IPK kita, :( Dilihat pengalaman organisasi atau kerja kita :') Dll, Dll.
(Anw gw daftar lewat JobFair Kompas Karir di PSJ UI yang diadakan pada tanggal 15-16 September)

Next. Isi kertas itu adalah tempat Psikotest di Aula Student Center FE UI. Jam 9.00. Hari Rabu tanggal 17.
Karena gw ikutan Job fair hari Selasa, besok nya langsung Psikotest.
Di hari Rabu, harinya Psikotest. Peserta MT nya banyak bro. Ada 56 orang. Banyak ye, bukan banyak banget.
Dimulai jam 9 tepat (lebih lebih dikit) dengan perkenalan tentang PT SAT, Benefit, Jabatan, jenjang karir, perbedaan Kantor Pusat, Kantor Cabang, n Store, dll. Setelah itu....
Langsung aja tuh di kasih 100 soal Psikotest. 20 soal persamaan kata. 20 soal kata yang berhubungan. 20 soal matematika cerita singkat. 20 soal bilangan deret. 20 soal puter puter kubus.
Ternyata setelah selesai dikerjain, psikotestnya langsung diperiksa. 
Selagi psikotest di periksa sama mas dan mbak nya (waktu itu ada 3 orang, 1 cewe, 2 cowo) kita dikasih test tentang pemilihan sifat. Gw juga gak begitu ngerti, tapi di test kita kaya disuruh milih a atau b gitu loh. Kita lebih cenderung kemana.
(mas dan mbak nya masih meriksa, kita udah nyelesain test pemilihan sifat)
Sewaktu kita udah nyelesain test pemilihat sifat, kita disuruh test lagi. Kali ini test kepemimpinan. skip.
setelah test kepemimpinan (mas dan mbak belum selesai meriksa), mbak nya bilang 5 menit lagi kita umumin siapa yang lolos dan gak lolos.
skip lagi.
Yang gugur 20 orang lebih broo. Hampir setengah. Alhamdulillah gw masuk. (Sempet deg-degan sih, karena psikotest nya sob, gw juga pengen liat mampu gak gw nembus psikotest). Trus mbak nya dengan santai bilang "Yang belum berhasil silahkan pulang ya". 
Gw sih udah hampir tenang tuh. Ternyata diumumin lagi yang pantes masuk MT dan pantes masuk Reguler (sebelum nya juga udah dijelasin beda dua ini waktu perkenalan PT SAT)
Dari sisa yang didalem ruangan ternyata ada 5-6 orang yang gak masuk MT. Mereka disuruh milih tetep mau Reguler atau engga. Kalo engga ya ninggalin ruangan. Ternyata masih ada 1 atau 2 orang gitu yang mau. Gw lupa.
Sebenernya capek sih ikutan Psikotest n test lain nya. 3 jam duduk sih. Yang gak lolos langsung di suruh pulang. 
BTT (Back to Topic), yang lolos masuk MT dan lolos Psikotest langsung di kasih test lagi bro. Test TOEFL. Tapi mereka yang masuk reguler gak disuruh Test Toefl (disuruh istirahat).
Sesudah test TOEFL selesai, langsung deh kita disuruh istirahat. Karena bakal langsung interview HRD. Sewaktu kita istirahat mas dan mbak nya lagi interview mereka yang lolos Reguler.
Setelah gw selesai istirahat sekitar jam 2 an balik lagi. Nama gw dipanggil hampir urutan-urutan terakhir. Jam 4 an gitu. Sambil nunggu gw ngobrol sama temen se-UI, ada juga dari Unpad dengan UNS.
Skip. Gw udah selesai wawancara HRD dan langsung pulang bareng temen yang lolos MT.

Next, hari Jumatnya pada minggu yang sama gw ditelpon. Disuruh ikutan Assessment Center di Cileungsi hari Senin nya.
Cepet juga sih PT SAT ngasih ke tahapan selanjutnya. Karena waktu Interview HRD, gw dikasih tau bakal dikabarin paling lama 2 minggu.
Waktu gw dateng ke AC di Cileungsi. Ternyata yang lolos dari Interview HRD cuman 4 orang sob. Dari 20an yang lolos masuk MT.
Waktu AC di kasih 3 tahapan test. In Basket Test. Problem Analyst Test. Yang terakhir FGD. AC gw bareng 5 orang. 4 orang dari psikotest n interview HRD di UI (3 anak UI, 1 anak IPB), dan 1 orang lagi dari Psikotest di Cileungsi langsung (Doi anak UGM jur. Pertanian).
Setelah AC yang dimulai jam 9.30 dan selesai jam 12an. Katanya sih dikabarin 2 minggu lagi paling lama. Ternyata hari selasanya gw ditelpon buat Interview User. Interview User hari Rabu pada minggu yang sama.

Skip. Gw dateng di kantor pusat PT SAT di cileungsi bwt Interview User, dan yang lolos dari tahap AC cuman 3 (2 orang dari UI. 1 dari IPB) orang dari 5. Interview User nya bentar banget sob. Gak sampe 10 menit juga kelar. Dateng jauh dari Depok - Cileungsi cuman bwt 10 menit bincang bincang. Lagi-lagi bakal dikabarin paling lama 2 minggu untuk hasil dari Interview User. Ternyata hari Jumat, masih minggu yang sama. Alhamdulillah gw lolos Interview User dan ikutan Medical Check-Up (MCU) buat hari selasa. Lusa dari gw nulis ini sob.
Dan tanda tangan Kontrak tanggal 9 Oktober. Kata yang nelpon gw sih di tanggal ini dikumpulin seluruh kandidat terpilih MT dari seluruh Indonesia. Yang kelasnya bakal dimulai tanggal 14 Oktober nanti. Dengan perangkatan antara 20 sampe 30 orang.

Panjang ye ternyata. Gw juga capai nulisnya.
Catch ya later guys. Sekedar share and info. Karena PT SAT cukup Worth It buat kejer MT nya. Selain karena lumayan gaji n bonafit nya. Ritel mini market lagi berkembang dipasaran. Sampe menindas toko pinggir jalan dan ngebuat mereka kalah bersaing. Semoga aja, kalau emang PT SAT jodoh kerja gw buat beberapa tahun kedepan, semoga gw bisa nyampein ide gw biar gak saling bersaing dengan Indo*art toko pinggir jalan.

159 comments:

  1. interview user ditanyain apa aja gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pas gw bentar bangeet
      gak sampe 10 menit.
      cuman latar belakang keluarga. tinggal dimana. biaya tinggal ditanggung siapa. sama siapa tinggal sekarang
      inti yang gw tangkep cuman ditanyain basa basi ngobrol doang

      Delete
    2. Biasanya tesnya di tanya apa ya bang? Aku bsok mau tes MT jga nih, degdegan, soalnya ini tes pertama.. semoga aja lolos

      Delete
  2. Gan kalo mcu buat yg mata nya minus gimana ya gan? Thaks gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak masalaah kok sist. hehe

      Delete
    2. Pak, kalo masih kuliah semester akhir kira² ada kemungkinan bisa lolos ga, Terima kasihh

      Delete
  3. Kl mcu pny hernia gk bisa kn yan

    ReplyDelete
  4. wah,.,. bgus bgt ceritanya nihh,.,.
    sory mw nanya rada sensitif,. klo nominal gajinya brp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak masalah gan. ane terbuka aja.
      sekitar 4jtaan.
      karena bbm baru naek. kemungkinan angkatan baru naek lagi.
      :'(
      Sedih karena ane gak naek gan walaupun angkatan baru bakal naek

      Delete
  5. Makasih banyak abang untuk infonya yg sangat berguna.. karna januari tgl 5 ini saya dipanggil untuk mengikuti test MT PT SAT untuk wilayah banten.. semoga diterima.. amin.. nanti kalo saya ada pertanyaan mohon dibantu ya abang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap. Silahkan.
      Btw ini udah tngl 6. Bearti udah test dong.
      Di banten, balara kan ya

      Delete
  6. Bang tangal 14 besok ane mau assesment center di cikokol, assesment center itu ngapain aja ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo. GImana udah masuk Alfamart atau sudah dapat kerja baruu.

      Delete
  7. Besok thl 4 feb ini aku juga dapat panggilan dari alfamart kak. ini panggilan ke2 ku krna bulan lalu aku juga dapat panggilan tapi ngak bisa mengikuti psikotest karena aku telat 5 menit dan akhirnya aku di sarankan untuk drop cv aja.
    Bingung juga datang apa nggak terlalu jaoh dari depok dan nggak tau posisi apa yang di rekomendasikan untuk aku ini dan aku juga lupa waktu itu nglamar dibagian apa tapi kayaknya ya staff hRD sesuai dengan background ku Psikologi.
    kalo boleh tau pertama kita psikotetsnya apa kak?
    kak deret angka sama test gambar itu?
    baca cerita kakak kok lama banget ya prosesnya di alfamart. :D :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo. Bagaimana proses nya.
      Sama, saya juga dari Depok. Hehe.

      Kalo psikologi kita nama divisi nya Human Capital. Itu nanti dibagi jadi beberapa departement.
      Mungkin kamu akan di tempatkan di salah satu departement di Human Capital.

      Delete
  8. kalw buta warna parsial gimna gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buta warna parsial gak masalah gan. hehe

      Delete
    2. Eh serius kak? Ada yg kaya gtu emangnya pas kk tes?

      Delete
    3. @ray Buat Trailer. Pas aku test gak ada yang kayak gitu kok. Makanya gak masalah klo buta warna parsial

      Delete
    4. kalo di batch elu kak, ada yang buta warna parsial kah?

      Delete
    5. ohh. kayaknya ga ada deh. cuma 18 di batch gw

      Delete
  9. Freshgrad, saran gw sblm apply dan ikut tes sana sini dan cari info kelebihan perusahaan, cari juga info kekurangannya. MT Alfa bagus, banyak ilmu, kalau beneran masuk jgn lupa disaring ya. Good luck you all ^^ (note gw : inget, MT itu juga pegawai, company bisa lakukan apa saja buat kalian, baik positif maupun negatif)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo ardisa putri. Terima kasih notice nya.
      Bisa di inget nih buat teman - teman yang mampir di blog ini untuk mengingat saran dari Ardisa.

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah. Maaf komentar apa ya.
      Baru sempat saya balas nih gan.

      Delete
  11. Syarat kontraknya bleh nikah g gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau MT sih Single gan biasanya.
      Tapi kalau udah lulus bisa nikah kok.

      Delete
    2. kak, maksud lulus mtnya setelah 3 tahun atau lulus seleksinya aja. soalnya sy lg tes mt dengan rentang 3 tahun klo di tahun ke 2 sy nikah bisa gak?

      Delete
  12. kl coordinator trainee sm MT sama ga GAN ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda gan. Koordinator Trainee itu Supervisor Toko.
      Jadi lebih di khususkan sekali posisinya.

      Sangat spesifik dan jenjang karir cepat.

      Delete
  13. Test assesmentnya ngapain aja gan, sama fgdnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assesmentnya problem solving suatu case gan.
      kalau FGD mempresentasikan/memdiskusikan dari problem solving yang agan tulis.

      Delete
  14. Mas, sy br test dan lolos utk test assasment, mau tnya kalo stlh pendidikan 2th , penempatan apa mmg ga akan balik ke domisili awal ya mas? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Syukur kalau berhasil.
      untuk pendidikan setelah dua tahun penempatannya tidak kembali ke domisili awal.
      Tapi penempatan ketika lulus program.

      Delete
  15. halo.. mau tanya, untuk proses keseluruhan rekrutmen(dari psikotes sampe ttd kontrak) brp lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya relatif cepat. Hanya dua minggu saja.

      Delete
  16. Kalau saya relatif cepat. Hanya dua minggu saja.

    ReplyDelete
  17. gimana mas, setelah kerja beberapa tahun jadi MT Alfa? menyenangkan ga? Soalnya ada isu kenaikan gaji lama banget ya? Mohon info :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pribadi fun mas. Karena department saya asik atasan dan teman kerja juga suportif.
      kenaikan gaji relatif sama dengan yang lain.
      Dan lagi brand Alfamart sudah nasional-internasional, jadi untuk pindah kerjaan juga saya harus menerima tawaran yang jauh jauh lebih menarik.

      Delete
  18. Gan, ane baru aja dapat info lolos interview user dan lanjut ke assesment center 2 minggu lagi paling lama, minta tips dan triknya lolos assesment center doang gan, thanks ya sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah.
      kalo di assesment center sih lakukan yang terbaik aja. cari solusi terbaik karena itu di kasih case khusus.
      and then kalo fgd harus menonjol dan harus bisa dengar pendapat orang lain.

      Delete
    2. Ralat gan, interview hrd maksudnya,
      Thanks gan, moga berkah di bulan puasa ini :)

      Delete
    3. @arief budi.
      iya gan. Urutannya hrd dulu kan. hehe.

      Oke semangat gan.

      Delete
  19. bang mw nanya, klo dah lulus jd MT, brp lama jenjang waktunya dr karyawan kontrak hingga mnjadi karyawan tetap? dan utk kenaikan gaji, relatif cepatkah atau cukup lama? makasih utk jawabannya. maaf klo pertanyaannya trllu spesiik bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Pertanyaan nya standart kok. Gak masalah.
      Sudah lulus MT sudah langsung jadi karyawan tetap kok. Cuman habis lulus MT masih ada kontrak 1 tahun buat ambil ijazah.
      Kenaikan gaji nya pas awal masuk sama habis lulus MT cepet kok naiknya. Naik gaji lulus MT sama naik gaji awal tahun.

      Delete
  20. bang mau tanya dong.. saya baru aja dapet panggilan buat asesmen lusa nanti di kantor pusat alfamidi tangerang. kira kira, disepanjang asesmen nanti ada sistem gugur lagi ga ya kaya di seleksi tahap awal?
    makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah di kantor ane dong.

      iya ada sistem gugur nya kok.

      semangat ya

      Delete
    2. Bang, kalo tempat kita kuliah, ngaruh gak sih buat lulus atau nggaknya? Soalnya saya lulusan S1 PT swasta di Ciamis. Jadi, ya, g terlalu bergengsi.

      Delete
    3. @rcb ciamis gak ngaruh om dari tempat kuliah. yang penting pas test memuaskan user

      Delete
    4. Mau tanya dong gan ijazah ditahan berapa lama ya.. .Dan prosesny apa aj setela tes

      Delete
  21. bang.ada saran nggak buat lolos interview user mt alfamart gimana. makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman ane gan, apa adanya aja gan. ane kemaren cuma ditanya latar belakang dan kuliah doang siih. gak sampe 10menit

      Delete
    2. wiiihhh. wahyu khrisna. kamu yang masuk corcomm kan.
      selamat yaa

      Delete
  22. Halo kak mau tanya AC ny gak sampe seharian kan ya ??kebetulan saya besok mau AC di cileungsi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pas saya kmren, mulai jam 8 jam 1/2 4 selese udahan

      Delete
    2. makasih pak Onny, bener mbak gak seharian kok

      Delete
    3. waaaaaa virgie ternyata pernah mampir ke blog nya Kenn nih.. mantabs lahh... hehehehe..

      Delete
    4. wah viergie siapa nya mbak disty nihh

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maaf pak, comment apa ya.
      mungkin bisa saya bantu

      Delete
  24. Mau tanya gan..jam kerjanya gimana kalo pas training n udah penempatan? Apa sistem shift dan libur gak pas weekend?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jam kerja pas training mengikuti jam kerja toko pak Tsabit. (jika penempatan toko)

      Tapi jika pelatihan di cileungsi menggunakan jam kerja kantor

      Delete
  25. Gan mau nanya kalok untuk tes TOEFL, skor minimumnya berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo minimum ny gak ada gan.
      Karena penilaiannya keseluruhan waktu saya dlu

      Delete
  26. mas mau nnya nih assesment test yg in basket test gmn sih? bru dgr soalnya... saya jg apply MT nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuman sekedar problem solve aja mbak waktu saya dulu.
      semangat ya apply nyaa

      Delete
  27. Halo, boleh tau ada minimal tinggi gak ya di mt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada minimal tinggi Mbak Ana.
      Boleh apply semua ketika saya dlu

      Delete
  28. Halo, boleh tau ada minimal tinggi gak ya di mt?

    ReplyDelete
  29. Selepas tanda tangan kontrak, jadi MT training brpa lama mas? Masih di SAT kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mb. Niar bantu jawab ya setau saya mt training itu 2 tahun. 1 tahun ojt, 1 tahun graduation. #cmiiw

      Delete
    2. Hallo mb. Niar bantu jawab ya setau saya mt training itu 2 tahun. 1 tahun ojt, 1 tahun graduation. #cmiiw

      Delete
    3. halo mbak niar. Benar jawaban mbak maya. Terima kasih mbak.
      training nya 1 tahun OJT. setelah itu percobaan 1 tahun.

      saya masih di SAT mbak

      Delete
  30. Assalamualaikum bang , saya asal aceh alfamart baru buka ni di aceh , saya lagi masa training , jabatan crew saya mau nanyak itu ada sistem gugurnya lagi ya ? Karna trainingnya semacam ujian gitu . Mohon di jawab ya bang .

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo pak odhew. Training nya sistem gugurnya sesuai kriteria dari materi yang sudah diberikan. Jika ujian bagus semuanya bisa diterima

      Delete
  31. Kalo mcu berat badan ga seimbang ngaruh ga gan?

    ReplyDelete
  32. Saya ngelamar di indo*aret... supervisor trainee.
    Ada gambaran gak. Kira kira test nya apa.
    Saya ngelamar di gresik

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang tau pak.
      Mungkin saja kurang lebih sama.

      Delete
  33. Saya besok ada psikotest dan interview gan, kira2 test toefl skor minimunnya brp ya? Dan test mcu apakah ada rontgennya? Saya ada flek soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo toefl score ga ada minimum nya seinget saya. Karena toefl score adalah rangkaian test. Maka dari itu usahakan total test ny tinggi. Mungkin waktu test toefl jgn terlalu salah banyak.
      Kalo mcu ada rontgen ny. Saya ada bibit bronchitis alhamdulillah lolos

      Delete
    2. Saya ada tb paru mas, lg di obati juga, kira2 apa saya lolos ya? Soalnya sudah 2x test mcu dari perusahaan lain gagal terus.

      Delete
    3. gimana gan aldo. Ada kabar lolos kah?

      Semoga kabar baik ya

      Delete
  34. Klo toefl score ga ada minimum nya seinget saya. Karena toefl score adalah rangkaian test. Maka dari itu usahakan total test ny tinggi. Mungkin waktu test toefl jgn terlalu salah banyak.
    Kalo mcu ada rontgen ny. Saya ada bibit bronchitis alhamdulillah lolos

    ReplyDelete
  35. Saya ada panggilan psikotes dan interview untuk MT tapi tes nya kok di toko yg deket binus kemanggisan ya ? Emng gitu ya mas ? Mohon pencerahan takutnya jauh2 kesana hoax

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang bener kok mbak. Test nya untuk awal bisa dimana aja. Tapi kalo misalnya udah lulus test awal pasti dipanggi di HO CIleungsi

      Delete
  36. Assalamualaikum mas, mau tanya kalo j kerja dan hari kerja jd MT itu sabtu minggu masuk jg atau tdk? Dan jam kerjanya dr jam brp smp jm brp mas? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak. Jam kerja sewaktu MT tergantung OJT nya. Jika mbak OJT di toko maka jam dan hari kerja tergantung shift pada toko itu. Namun jika sudah OJT Office maka jam dan hari kerjanya OFfice. Sabtu minggu office libur dan masuk dari jam 8 sampai jam 5 sore. Kita pas 8 jam kerja kok.

      Tapi klo toko tergantung shift yang diatur sama atasan toko nya

      Delete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbaak. Maaf ya belum sempet balas pertanyaan atau komentarnya

      Delete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. mohon maaf mungkin sensitif. tapi apakah gaji MT sudah naik untuk tahun 2017 ini? dan apakah selama training boleh menikah? soalnya rencananya januari 2018 saya menikah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya sudah naik dari waktu saya masuk dulu. Hehe.
      Untuk menikah belum diperbolehkan ketika masih OJT. Namun ketika semua sudah selesai baru diperbolehkan.

      Tergantung dengan izin atasan masing masing juga pak.

      Delete
  40. Ka,kalo belom wisuda dan ijasah belom ada,surat keterangan lulus juga belom bisa diambil,bisa ngelamar jadi mt alfamart ga ya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, Bukti lulus nya gak ada ya mas. Biasanya susah mendaftar jika belum ada bukti lulus kuliah

      Delete
    2. Saya baru lulus skl belum keluar ijasah apalagi tpi saya ada panggilan interview gmna ka?

      Delete
  41. Mas, klo lamar untuk bag. accounting/audit, trainingnya di kantor pusat atau cabang ya? Thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah ini dari jalur MT mas?
      jika iya pasti di training di kantor pusat.

      Namun jika jalur reguler atau non MT cukup di kantor cabang kok

      Delete
  42. Mas, klo lamar untuk bag. accounting/audit, trainingnya di kantor pusat atau cabang ya? Thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa di cabang.
      kalau recruitment dicabang

      Delete
  43. mas. ini psikotest, wawancara dan tahapan lainnya dilakukan di HO CIKOKOL/CILEUNGSI yaaa ? apa sesuai domisili pelamar mas ? fast respon yaa terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya dilakukan di ho cileungsi mas.
      maaf ya ga fast response. untuk fast response sudah ada di blog saya kok.

      Delete
  44. Mas mau tanya, apakah ketika sudah ttd kontrak, ijazah akan ditahan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk MT ketika sudah tanda tangan kontrak maka ijazah di tahan. namun untuk reguler tidak ditahan mas.

      Delete
  45. Mas apa aja yg perlu di persiapkan untuk AC? Alhamdulillah rabu depan saya masuk tahap AC. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. alhamdulillah. Siap siap nyatet nyatet aja mbaak

      Delete
  46. Wah samaan mba, saya juga Minggu depan AC

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. Buat buta warna parsial ga ngaruh ke hasil akhirnya mas (buat MT)? Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya tidak ya pak, namun jika ada perubahan kebijakan dapat didiskusikan dulu ke rekruter nyaa

      Delete
  49. Halo om. Mau nanya kalo store trainee sama MT apa bedanya ya? Semoga tau. Saya butuh pncerahn nih. Solny tgl 6 nanti ada intrview di alfamart jd store trainee pen ikut. Jwb ya. I need your info. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. store trainee berbeda dengan MT, Store trainee developt nya untuk operasional bisnis di alfamart. Fokusnya adalah pengembangan penjualan dari toko alfamart yang ujung tombak perusahaan. Dan termasuk banyak dicari ilmunya oleh perusahaan lain. Jika sudah menjalani store trainee biasanya ilmu untuk operasionalnya sangat tinggi sekali

      Delete
  50. Halo om. Mau nanya kalo store trainee sama MT apa bedanya ya? Semoga tau. Saya butuh pncerahn nih. Solny tgl 6 nanti ada intrview di alfamart jd store trainee pen ikut. Jwb ya. I need your info. Sma klo interview awal biasanya ditanya apa aja ya? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan store trainee ma mt bedanya apa ya ?

      Delete
    2. store trainee berbeda dengan MT, Store trainee developt nya untuk operasional bisnis di alfamart. Fokusnya adalah pengembangan penjualan dari toko alfamart yang ujung tombak perusahaan. Dan termasuk banyak dicari ilmunya oleh perusahaan lain. Jika sudah menjalani store trainee biasanya ilmu untuk operasionalnya sangat tinggi sekali

      Delete
  51. Makasih mas untuk sharingnya. Yg saya ingin tahu kan ada penahanan ijaazah 2 tahun. Nah setelah 2 tahun program MT itu apa ada lagi kontrak atau bisa resign ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah ikatan dinas selesai (selama 2 taun), ijazah bisa diambil.
      MT Alfamart langsung menjadi karyawan tetap setelah lulus (program 1 taun)

      Delete
  52. Makasih mas untuk sharingnya. Yg saya ingin tahu kan ada penahanan ijaazah 2 tahun. Nah setelah 2 tahun program MT itu apa ada lagi kontrak atau bisa resign ?

    ReplyDelete
  53. Halo mas mau tanya untuk seluruh tahapan interviewnya full bahasa indonesia?

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali kak. full bahasa indonesia waktu saya test dulu. Jika tahun tahun berikutnya mungkin ada perubahan sistem perekrutan

      Delete
  54. Mas mau Tanya, Saya kan oernah kerja di alfamart 2012 sebagai pramuniaga. Tapi
    Nahberhenti setahun Karena melanjytkan Kuliah. Nah skrang Saya sudah lulus s1 apakah bisa melamar kerja di alfanart

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba kak. Biasanya kita tidak menutup kemungkinan untuk yang pernah kerja di Alfamart, asalkan ketika mengundurkan diri dengan baik-baik

      Delete
  55. Kalo untk inventory control or accounting itu bisa jd karyawan tetap gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat amat bisa gan. dan ilmunya juga benar benar berguna loh

      Delete
  56. kak, maaf mau nany untuk pendaftaran MT kalau lewar web recruitment nya terus dapat tanggal tes itu valid kan kak?

    ReplyDelete
  57. bang mau tanya, kalau lulusan MT langsung naik ke grade berapa yah di alfamart?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah MT lulus (dlm program pendidikan 1taun) langsung di grade 10 atau setara dengan senior supervisor

      Delete
  58. Untuk 2018 ada kapan lagi ya dibuka MT?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo anak unpad, ada terus kok program MT nya. DI pantau aja yah di e recruitment alfamart

      Delete
  59. Bedanya store trainee sama MT apa ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. store trainee berbeda dengan MT, Store trainee developt nya untuk operasional bisnis di alfamart. Fokusnya adalah pengembangan penjualan dari toko alfamart yang ujung tombak perusahaan. Dan termasuk banyak dicari ilmunya oleh perusahaan lain. Jika sudah menjalani store trainee biasanya ilmu untuk operasionalnya sangat tinggi sekali

      Delete
  60. Nanya dong, ane ngelamar jadi supervisor alfatrex di medan, yang diminta kan minimal D3, nah ane cuma tamatan SMK tehnik informatika, ane udah psikotest and minggu depan mau interview user, sebelumnya pernah ada kasus kyk gini gak? ane takut ntar dah lulus interview malah gak jadi teken kontrak karena cuma tamatan SMK

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru baca kaaak. Gimana sekarang?
      lulus tidak?

      Delete
  61. Klo store trainee itu seperti apa yah? Apa sama dengan MT atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. store trainee berbeda dengan MT, Store trainee developt nya untuk operasional bisnis di alfamart. Fokusnya adalah pengembangan penjualan dari toko alfamart yang ujung tombak perusahaan. Dan termasuk banyak dicari ilmunya oleh perusahaan lain. Jika sudah menjalani store trainee biasanya ilmu untuk operasionalnya sangat tinggi sekali

      Delete
  62. Ka mau tanya untuk proses ini apakah ada sistim gugur ketika di training? Ataukah ada pinalti apabila kita ingin keluar di tengah jalan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketika sudah dinyatakan diterima sebagai MT Alfamart, ada tahapan2 atau fase2 selajutnya dalam program pendidikan MT selama 1 tahun.. untuk melewati fase2 tsb ada test nya, dan yang nggak lulus test pastinya langsung gugur dan ijazahnya bisa diambil.

      Delete
  63. Assalamualaikum mas. Walaupun masnya udah lama gak aktif aku mau nanya deh dan berharap dibalas secepatnya hehe. Mas klo ngelamar MT brrti tesnya di pusat ya? Gak bisa dicabang? Krn saya domisili Madiun Jatim trus klo baca balasannya mas sih katanya sudah tes nunggu pengumuman ya jd bakal bolak balik. Mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya coba bantu jawab yaa Kak,
      Saya lulusan MT Alfamart Batch 33 dan masih di Alfamart sampe sekarang hehehe..

      jadi gini Kak, biasanya kalo ada jobfair yang mayan gede di daerah2 (Misalnya Solo, Jogja, Semarang, Surabaya) tuh pasti ada booth nya Alfamart. trus nanti kalo lulus seleksi administrasi bakalan diundang untuk psikotest di daerah tsb, kemudian untuk assessment center dan interview user pun bisa di cabang terdekat dari tempatnya tesnya itu, (Misalnya tesnya di jogja atau solo, berarti cabang terdekatnya di Branch Klaten).. atau coba aja daftar lewat e-recruitment nya Alfamart deh..

      Goodluck yaaa...

      Delete
  64. gaji nya sekarang berapa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di atas umr. Mungkin skrng diatas 5/6 udah

      Delete
  65. Selamat malam, saat ini saya sudah di tahapan technical meeting dan MCU untuk program MT, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan :
    1. Program MT berjalan selama dua tahun, dan selama dua tahun itu ijazah ditahan ya mas?
    2. Pengangkatan menjadi karyawan tetap itu setelah masa OJT selesai?
    3. Fasilitas selama OJT apa saja? Apakah mendapatkan mess, makan, dll?
    4. Dan untuk kompensasi (gaji dan tunjangan2) yang didapatkan setelah menjadi karyawan apa saja ya mas?

    Mohon maaf jika terlalu banyak pertanyaannya.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. bener selama 2 tahun ijazah di tahan. tapi tidak terlalu terasa kecuali memang hanya menjadikan MT alfamart batu pijakan

      2. setalah setahun pertama otomatis menjadi karyawan tetap

      3. 2 bulan pertama disediakan mess, ketika ojt toko tidak lagi

      4. gaji dan tunjangan makan beserta jabatan saja.
      fasilitas dan benefit ketika menjadi karyawan tetap

      Delete
  66. Ijin mau tanya admin

    Untuk store trainee nya itu trainningnya berapa bulan yaa? Branch bali???
    Maaf,Untuk gaji berapa yaa ??

    ReplyDelete
  67. halo gan mau tanya. kalau IP kurang dikit dari batas yg ditentukan masalah gak sih gan?. apa langsung di 'kick'?.
    Makasih

    ReplyDelete
  68. gan tes kepemimpinan itu seperti apa ya gambaranya? tolong feed back ya soalnya minggu depan ada tes psikotes MT PT SAT

    ReplyDelete
  69. mau nanya mas,
    1. klau mt itu, slma ojt ikut jadi kasir di toko jg gk? klau iya, brp lama?
    2. stlah 2 bln, berati mess gk dikasih lagi ya? brt pkai biaya sendri? tunjangan untuk tmpat tinggal dikasihkah?
    3. Uang mkan harian itu dikasih dlm bentuk gaji bulanan atau harian y mas?
    4. maaf sensitif, klau mas sendri bsa dpt gaji bersih brp ya mas saat ojt 2thun?
    5. Slma ojt, apkah tempat awal ojt akn jdi tmpat trakhir ojt atw bsa brubah2?

    ReplyDelete
  70. Mas mau tanya, saya sudah nikah hampir setahun. Apa boleh mas saya tetep bisa ikut mt? Saya ada panggilan psikotes dan wawancara mt alfamidi. Terima kasih mas

    ReplyDelete
  71. kak mau nanya dong kalo PT SAT sama MUI apakah dalam naungan korporat yang sama ?

    ReplyDelete